Memahami Istilah OTR dan TDP serta Tips Membeli Mobil

Memahami Istilah OTR dan TDP serta Tips Membeli Mobil

Ketika ingin membeli mobil, ada banyak istilah pembayaran yang perlu Anda ketahui. Istilah-istilah ini mencakup berbagai macam biaya dan pengeluaran yang terkait dengan pembelian mobil seperti istilah yang paling umum adalah OTR dan TDP. Apa itu OTR dan TDP? Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai OTR dan TDP, maka bisa simak artikel berikut ini.

Memahami Istilah OTR dan TDP serta Tips Membeli Mobil

Pengertian OTR dan TDP

OTR merupakan harga beli mobil setelah ditambahkan dengan semua pajak dan berbagai dokumen lainnya, seperti STNK dan BPKB. Dengan OTR, kendaraan telah dinyatakan layak jalan sebab sudah dilengkapi surat-suratnya.

Sedangkan TDP atau Total Down Payment merupakan jumlah uang yang harus dibayar oleh pembeli mobil ketika membeli mobil baru atau bekas. TDP terdiri dari sejumlah uang yang perlu dibayarkan sebagai uang muka pada saat pembelian mobil serta biaya administrasi juga biaya lainnya yang terkait dengan pembelian mobil.

TDP umumnya merupakan sebagian dari harga jual mobil dan bisa bervariasi tergantung pada harga mobil yang dibeli, jangka waktu kredit, suku bunga, dan lain-lain.

Setelah mengetahui pengertian OTR dan TDP, selanjutnya mari kita ketahui tips membeli mobil seperti dibawah ini.

Tips Membeli Mobil yang Tepat

Tentukan Anggaran

Sebelum Anda membeli mobil, salah satu hal yang dipertimbangkan yaitu berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli mobil. Tentukan anggaran yang realistis, sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Selain budget untuk membeli mobil, pertimbangkan juga biaya tambahan seperti pemeliharaan, pajak, asuransi, serta bahan bakar.

Pertimbangkan dengan Kebutuhan

Setelah menentukan anggaran untuk membeli mobil, Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhannya. Cari tahu terlebih dulu apakah mobil digunakan untuk keperluan sehari-hari, bepergian jauh, atau untuk menempuh medan yang ekstrem.

Selain itu, tentukan juga kapasitas dari mobil. Jika membutuhkan mobil dengan daya angkut yang besar, maka beli mobil yang besar. Jika memerlukan mobil yang cocok digunakan untuk melewati gang sempit dan parkir mudah, maka pilih mobil ukuran yang lebih kecil.

Riset Sebelum Memutuskan Membeli Mobil

Lakukan riset terlebih dulu untuk memutuskan mobil yang akan dibeli. Anda bisa membaca ulasan terlebih dahulu, lalu membandingkan fitur dan harga. Pilih mobil dengan harga yang sesuai anggaran, serta mempunyai fitur hiburan dan fitur keselamatan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan.

Periksa Keadaan Mobil

Pastikan Anda memeriksa kondisi mobil dengan menyeluruh sebelum membelinya. Bagian yang diperiksa seperti mesin, sistem rem, kaki-kaki, dan kondisi interior. Untuk yang ingin membeli mobil bekas, maka ajaklah mekanik atau teman yang berpengalaman dalam hal otomotif. Hal ini akan membantu Anda untuk memilih mobil yang pas dan kondisi prima.

Periksa Dokumen dan Prosedur

Pastikan untuk memeriksa seluruh dokumen yang terkait dengan kendaraan. Misalnya seperti BPKB, STNK, faktur, dan sertifakat. Selain itu, pahami juga prosedur kepemilikan dan pembayaran pajak mobil.

Perhatikan Harga Jual Kembali

Jika mobil tersebut akan dijual setelah beberapa tahun pemakaian, perhatikan harga jual kembali. Saat akan membeli mobil baru, coba untuk memeriksa harga mobil bekasnya di pasaran. Hal ini bisa memberikan gambaran pasaran harga bekasnya.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga jual mobil. Seperti kelengkapan dokumen, warna kendaraan, riwayat perawatan, juga kondisi fisik mobil.

Pertimbangkan Asuransi

Asuransi adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil. Biaya perbaikan mobil di bengkel tentu bisa diminimalisir dengan adanya asuransi. Pilih asuransi yang menawarkan perlindungan sesuai dengan keperluan dengan premi yang wajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *